Tol Pemalang-Batang yang Retak Belum Bisa Diperbaiki karena Hujan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 19 Jan 2019 17:44 WIB
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Diduga akibat curah hujan tinggi beberapa hari terakhir, ruas tol Pemalang-Batang KM 321 mengalami keretakan. Bahkan pondasi tol di bagian kanan dan kirinya juga mengalami longsor.

Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memperbaiki kerusakan tersebut karena curah hujan yang masih tinggi. Untuk diketahui, pengelola ruas tol ini ialah PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), anak usaha Waskita Toll Road.

"Kalau kondisi masih hujan belum bisa dilakukan perbaikan. Jadi sementara memperlancar drain-nya dulu agar nggak tergerus tambahan," kata Herwidiakto kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (19/1/2019).


Nantinya, penanganan permanen akan segera dilakukan setelah cuaca membaik. Penanganan meliputi pembersihan area pekerjaan, dan penimbunan rounding dengan material tanah dengan pemadatan.


Selain itu, pihak pengelola nantinya juga akan membuat saluran dan memperbesar dimensi inlet dan pembongkaran aspal yang retak lalu pengaspalan kembali.

"Schedule perbaikan permanen selama enam hari kerja. Selaku manajemen PT Pemalang Batang Toll Road mohon maaf atas ketidaknyamanan atas gangguan tersebut," jelas pihak Pemalang Batang Toll Road dalam keterangannya. (fdl/ara)