Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Jan 2019 15:53 WIB

Ini Tips Buat Ahok Agar Lancar Jajal Tol Jakarta-Surabaya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Basuki Tjahaja Purnama (BTP)/Foto: detikcom Basuki Tjahaja Purnama (BTP)/Foto: detikcom
FOKUS BERITA JKT-SBY Tersambung Tol
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok ingin touring menjajal Tol Trans Jawa. Keinginannya itu diutarakan lewat vlog perdananya yang diunggah ke akun YouTube-nya, 'Panggil Saya BTP'.

Agar touring Ahok bisa nyaman dan aman, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika melintas tol yang menyambungkan Jakarta-Surabaya tersebut. Berikut tipsnya:

Siapkan uang elektroknik
Saat ini, seluruh pembayaran di gerbang tol Indonesia telah memakai sistem non tunai, alias menggunakan uang elektronik. Karenanya, saldo dalam uang elektronik harus disesuaikan sebelum masuk jalan tol.

Untuk Trans Jawa sendiri, total tarif tol dari Jakara hingga Surabaya kurang lebih sekitar Rp 790.000 untuk kendaraan golongan I. Akan lebih baik, saldo uang elektronik tersebut diisi lebih dari tarif tol tersebut untuk berjaga-jaga.


Kendaraan harus prima
Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya memiliki jarak 760 kilometer (km). Dengan jarak yang cukup jauh ini, kendaraan yang digunakan haruslah dalam keadaan prima.

Ada baiknya mesin kendaraan harus dicek terlebih dahulu sebelum menjajal tol Trans Jawa. Semua ini diperlukan agar perjalanan bisa dilalui dengan lancar dan aman.

Ketahui titik-titik rest area
Selain kendaraan yang harus disiapkan, pengemudi sendiri harus dalam kondisi prima untuk bisa menjajal tol sepanjang 760 km tersebut.

Bentuk jalan tol yang lurus dan didukung pula dengan kecepatan konstan yang harus dipenuhi, dapat membuat pengendara bosan sehingga dapat menyebabkan rasa kantuk . Kondisi ini sangat berbahaya bagi diri Anda dan juga pengendara lain.


Untuk itu pengemudi bisa memanfaatkan rest area yang ada di jalan tol. Di sisi lain, mengetahui titik-titik rest area juga diperlukan untuk mengantisipasi kendaraan yang kehabisan bensin.

Jaga Jarak Aman
Menjaga jarak aman memang sudah seharusnya dipatuhi oleh para pengendara untuk keselamatan diri, apalagi saat berada di jalan tol. Jarak ideal antara kendaraan adalah sekitar 10-20 meter. (fdl/ara)
FOKUS BERITA JKT-SBY Tersambung Tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com