Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Jan 2019 16:12 WIB

Banyak Penumpang 'Hantu' di KA Pangandaran, KAI: Karena Gratis

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dadang Hermansyah Foto: Dadang Hermansyah
Jakarta - Tiket kereta Kereta Api (KA) Pangandaran banyak dipesan masyarakat. Namun, banyak kursi kosong alias 'penumpang hantu' dalam kereta yang baru dirilis ini.

VP Public Relation PT KAI (Persero), Agus Komarudin menduga, kemungkinan besar karena tiket khususnya untuk relasi Bandung-Banjar masih gratis.

"Kemungkinan besar karena rute Bandung-Banjar masih gratis penumpang yang sudah pesan tiket tidak jadi naik KA dan tidak melakukan pembatalan," kata dia kepada detikFinance, Jumat (25/1/2019).



Untuk diketahui, KAI memberlakukan tarif promo untuk KA Pangandaran yakni, Gambir-Banjar Rp 110.000 dan Banjar-Bandung Rp 1. Menurut Agus, sepinya penumpang bukan karena calon penumpang baru menyadari jika kereta ini tak sampai Pangandaran.

"Saat beli atau pesan tiket kan ada jurusannya Gambir-Bandung- Tasikmalaya-Banjar. Jadi pasti sudah tahu kalau KA tersebut hanya sampai Banjar," ujarnya.

Lantas, apakah dengan berbayar akan membuat kursi ini terisi?

"Kalau menjamin tidak ada kursi kosong lagi itu kan tergantung kebutuhan penumpang. Karena kalau tidak gratis kan pastinya ada pembatalan dan refund lalu kami bisa jual kembali. Tapi kalau gratis mereka membiarkan karena tidak ada refund," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com