Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Feb 2019 19:46 WIB

Soal Tarif MRT Jakarta, Kepala Bappenas: Sangat Terjangkau

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Tarif kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sedang digodok oleh Pemprov DKI Jakarta. Ada dua tarif yang menjadi pilihan yakni Rp 8.500/10 km dan Rp 10.000/10 km.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan kedua opsi tarif tersebut terjangkau untuk penduduk di kota Jakarta. Dengan tarif berdasarkan jarak yang ditempuh, maka angka tersebut menurutnya sudah terjangkau.

"Jadi lihat harga tadi, yang berbasis berapa stasiun yang dilewati, menurut saya sudah sangat terjangkau. Feasible, layak mengingat daya beli dari penduduk Jakarta sendiri kan kami ketahui berapa pendapatan per kapita Jakarta yang termasuk tertinggi di Indonesia," katanya di Jakarta, Jumat (1/2/2019).


"Artinya kalau melihat angka itu, itu sudah sangat cukup apalagi dari ujung ke ujung. Per stasiun kan bisa ada yang cuma Rp 2.000 sekian," tambahnya.

Meski demikian dia berharap berapapun harga yang dipatok untuk tarif MRT Jakarta nanti bisa diterima oleh masyarakat. Sehingga perpindahan penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum bisa terealisasi.

"Yang penting bisa membuat orang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum," katanya.


Dia juga melihat MRT Jakarta bisa menekan kerugian akibat macet di Ibu Kota selama ini. Dengan kehadiran angkutan umum berbasis rel, terutama MRT, dia berharap masyarakat jadi lebih produktif karena mengurangi waktu yang dihabiskan di jalan yang selama ini mengurangi produktivitas di tempat kerja.

"Kemudian tentunya kegiatan ekonomi jadi lebih lancar, karena nantinya kegiatan itu akan dimudahkan dengan adanya angkutan umum ini. Kondisi lingkungan hidup juga semakin membaik, polusi udara juga akan berkurang dan kemudian bahan bakar yang sebelumnya terbuang karena kemacetan jadi bisa dikurangi. Jadi kalau dilihat nanti akan ber-impact sangat positif kepada ekonomi," kata Bambang. (eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed