Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Feb 2019 11:53 WIB

Pembebasan Lahan Kereta Cepat JKT-BDG Rampung Maret

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) memastikan pembebasan lahan untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung rampung bulan Maret ini. Saat ini, proses pembebasan terus dilakukan secara bertahap.

Menurut Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian ATR, Arie Yuriwin saat ini progres pembebasan tanah telah mencapai 85%. Arie menargetkan seluruh lahan bebas pada Maret 2019.

"Dari pengadaan tanahnya Alhamdulillah sudah selesai 85%. Sekarang hanya titik-titik tertentu saja yang belum selesai tapi sedang dalam proses. Tetapi Insya Allah sebetulnya kita sudah melakukan sertifikasi juga nanti Maret 2019 Insya Allah selesai," kata dia di sela-sela konferensi pers Rakernas ATR 2019 yang ditulis Kamis (7/2/2019).


Sementara itu, proyek yang dimulai pada 2016 terkendala pembebasan lahan. Terhitung, hingga Oktober 2018 pembebasan lahan baru mencapai 80% atau setara dengan 113 km dari total 143,3 km.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra beberapa waktu lalu. Beberapa kendala pembebasan lahan menyangkut pada tempat-tempat yang statusnya adalah fasilitas umum, seperti jalan hingga masjid.

"Terus terang gini, 2016 groundbreaking kita adalah pembebasan lahan. Sementara argonya yang kerja kan belum bisa mulai, sehingga kita bisa paksakan mulai di 2018 ini, pertengahan," jelasnya, Selasa (30/10/2018).

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed