Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Feb 2019 22:09 WIB

Tol Bogor Menuju Bandung Via Cianjur bakal Dibangun

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Andhika Prasetya/detikcom Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Cianjur - Saat berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pembangunan jalan tol. Rutenya Bogor-Sukabumi menuju Bandung via Cianjur.

Jokowi mengatakan dia sempat diingatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengumumkan rencana pembangunan tol tersebut.

"Saya informasikan bahwa segera akan dimulai pembangunan jalan tol. Jangan tepuk tangan dulu, belum diumumkan. Pembangunan jalan tol Bogor Sukabumi Cianjur Bandung. Saya tadi dibisiki Pak Gub, Pak jangan lupa itu jalan tolnya diumumkan, jadi ingat saya," tutur Jokowi di alun-alun Kabupaten Cianjur, Jumat (8/2/2019).


Menurut Jokowi pembangunan tol Bogor-Sukabumi akan rampung tahun depan, dan setelah itu disambung ke Cianjur menuju Bandung.

"Bogor Sukabumi Insyaallah tahun depan rampung, nanti disambung ada penlok (penetapan lokasi) di sini (Cianjur), penetapan lokasi langsung menuju Bandung," terang Jokowi

Menurut Jokowi pembangunan jalan tol itu agar masyarakat yang mau ke Bandung memiliki alternatif jalan selain yang sudah ada. Selain itu kehadiran jalan tol untuk menampung pertumbuhan mobil, motor, maupun truk dan bus, sehingga tidak macet di sana-sini.


Sebelumnya, Jokowi pernah mengatakan tol Bogor-Sukabumi tak hanya bisa tersambung via Cianjur menuju Bandung, tapi juga bisa diteruskan ke Cilacap di Jawa Tengah. usai meresmikan tol Bocimi seksi I ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer (km), Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018).

"Ini jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi kita harapkan akan bersambung Sukabumi ke Cianjur, akan sambung ke Bandung langsung ke timur ke Cilacap," kata Jokowi. (hns/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya