Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Feb 2019 09:18 WIB

Menjajal Kenyamanan Rest Area Tol Trans Jawa

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dhani Irawan/detikcom Foto: Dhani Irawan/detikcom
FOKUS BERITA Tol Jokowi Kemahalan?
Jakarta - Tempat istirahat atau rest area merupakan salah satu komponen terpenting dari jalan tol. Sebab faktor stamina pengendara sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol.

Tim detikFinance pada 6 Februari 2019 kemarin menjajal jalur Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Semarang. Dari hasil pemantauan, rest area yang kondisinya paling baik berada di Tol Cikopo-Palimanan.

Di Cipali terdapat 8 rest area, terdiri dari 4 rest area di jalur menuju barat dan 4 yang ada di jalur menuju timur. Kondisi rest area juga terasa nyaman, dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ada 4 rest area dengan tipe A dan 4 rest area tipe B. Bedanya untuk Tipe A terdapat SPBU dan lahan yang jauh lebih luas.

Tim detikFinance menyambangi 3 rest area yang berada di jalur menuju timur yakni di km 86 tipe A dan 2 rest area tipe B di KM 102 dan KM 166.

Meski berbeda luas dan jumlah fasilitas, namun rest area di Cipali secara keseluruhan terasa nyaman. Toilet dan area parkir terasa bersih dan nyaman, serta yang paling penting gratis.

Di seluruh rest area di Cipali juga terdapat area khusus UMKM. Menariknya seluruh UMKM yang ada di rest area Cipali seluruhnya wajib mencantumkan daftar harga. Tujuannya agar para pedagang tidak semena-mena dalam menetapkan harga.


Menurut penuturan petugas di rest area KM 86, pencantuman daftar harga memang menjadi salah satu syarat pedagang UMKM yang ingin berjualan di dalam rest area. Bahkan di rest area KM 102 bahkan ada spanduk bertuliskan 'Harap Berbelanja / Makan di Foodcourt yang memiliki daftar harga'.

"Kami mau ada standar harga. Mungkin dalam keadaan sepi normal, tapi kalau ramai mereka jorjoran kasih harga. Saat peresmian Tol Trans Jawa, di sini penuh, makanan habis, sampai mie instan dalam cup saja dijual sampai Rp 30 ribu," kata GM PT Darma Putra Lestari, Pengelola Rest Area KM 102, Zulkarnain.

Rest area di Cipali juga menyediakan area parkir khusus kendaraan besar, fasilitas untuk pendendara kendaraan besar juga disetarakan dengan kualitas toilet yang juga bersih. Di rest area KM 166 bahkan ada kantin khusus untuk supir truk.


Selepas Cipali kondisi rest terlihat berbeda, terutama di ruas tol yang belum lama diresmikan seperti di tol Palikanci dan Batang-Semarang. Kehadiran rest area sangat sulit ditemukan.

Seperti di ruas Tol Palikanci misanya, dari rest area KM 207 kemudian baru ada rest area lagi di KM 379 atau tol Batang-Semarang. Itu artinya jarak antara rest area itu KM 172.

Kondisi rest area KM 379 juga belum jadi, hanya ada rest area sementara yang sudah dibuat sejak musim mudik kemarin. Fasilitas juga apa adanya termasuk toilet yang dibuat temporer.

Sebagian lahan di rest area itu masih berupa tanah, sehingga ketika hujan kondisinya begitu becek. Lalu hanya ada 1 nozzle dengan keadaan yang apa adanya juga. Namun terlihat di samping rest area darurat itu terdapat konstruksi beberapa bangunan yang masih dalam proses.

Tonton video 'Tonton video 'Trip Experience: Menyusuri Tol Trans Jawa dan Jalur Pantura'.

[Gambas:Video 20detik]

(erd/dna)
FOKUS BERITA Tol Jokowi Kemahalan?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed