Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Feb 2019 13:55 WIB

Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Masih Berkutat Masalah Rute

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut beberapa opsi rute tol Probolinggo-Banyuwangi. Saat ini rencana pembangunan tol tersebut masih tahap pengkajian, termasuk soal rute.

Rute jalan tol Probolinggo-Banyuwangi yang sebelumnya ditetapkan, kata Basuki, melewati kawasan milik TNI Angkatan Laut, yaitu tempat latihan anggota marinir, sehingga perlu dicari opsi lain.

"Di sana kan ada tempat latihannya marinir. Jadi sedang kita cari rutenya ya," kata Basuki di kantornya, Jakarta, Senin (11/2/2019).


Kalaupun yang dipilih adalah rute tersebut, Basuki mengatakan perlu ada koordinasi dengan pihak TNI. Dia menilai jalur tersebut adalah yang paling optimal.

"Rute awal melalui kawasan latihan (marinir) Baluran itu bisa. Itu yang paling optimum, tapi dengan syarat latihan itu setahun sekali. Jadi bisa kita bangun dan harus koordinasi dulu dengan TNI," paparnya.


Basuki melanjutkan, untuk opsi kedua dan ketiga adalah tol tersebut melalui sisi selatan. Itu perlu dibangun terowongan sehingga butuh biaya lebih mahal.

"Ada rute yang kedua agak ke selatan tapi bikin terowongan lebih mahal. Yang ketiga juga ke selatan lagi, lebih jauh lagi, ada terowongan juga," sebutnya.

Untuk itu Kementerian PUPR masih mendalami lokasi mana yang sekiranya lebih optimal untuk dibangun Tol Probolinggo-Banyuwangi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed