Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Feb 2019 19:20 WIB

Mampukah Proyek Infrastruktur Jokowi Jadi Andalan di Debat?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menggenjot pembangunan infrastruktur. Pembangunan juga tidak dilakukan di Jawa saja, juga di beberapa daerah terpencil.

Ekonom INDEF Enny Sri Hartati mengatakan Jokowi bisa menjabarkan semua hasil capaian pembangunan infrastruktur. Pasalnya seluruh datanya pasti ada.

"Tentu kalau hanya menyampaikan kuantitas itu pak Jokowi bisa sampaikan berapa jalan tol yang sudah dibangun, berapa bendungan yang sudah dibangun, berapa embung yang sudah dibangun, berapa jalan desa yang sudah diperbaiki. Pasti semua ada datanya," ujar Enny dalam diskusi bertajuk Menuju Debat 2, Siapa Makin Kinclong?" di Resto Ajag Ijig, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).


Akan tetapi, lebih dari itu Jokowi harus mampu meyakinkan kepada masyarakat bagaimana pembangunan infrastruktur tersebut dan dampaknya kepada mereka.

"Cuma pertanyaannya adalah dengan data-data itu mampu nggak meyakinkan, yang harus diyakinkan bukan yang loyalisnya pak Jokowi loh, yang harus diyakinkan adalah 15% yang masih swing voter," kata Enny.

Selain itu, mengenai polemik impor pangan juga menjadi perhatian dalam debat Minggu besok. Padahal Jokowi berjanji tak akan melakukan impor. Hal ini yang juga harus diyakinkan kepada masyarakat.

"Nah apa yang akan dilakukan selanjutnya di periode yang akan datang yang benar-benar bisa menjawab bahwa kita tidak lagi mengalami ketergantungan impor pangan pokok dan juga ketergantungan impor energi," tutur Enny.

(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed