Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Feb 2019 13:07 WIB

Aspal Campur Plastik bakal Diuji Coba di Cilegon

M Iqbal - detikFinance
Ilustrasi aspal campur plastik/Foto: Eduardo Simorangkir Ilustrasi aspal campur plastik/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Aspal dengan campuran plastik sudah diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia. Kini giliran Kota Cilegon yang akan menerapkan pengembangan teknologi tersebut.

Jika di beberapa daerah plastik masih harus beli, di Cilegon, plastik akan disuplai dan diberikan secara gratis oleh perusahaan pemroduksi bahan plastik PT Chandra Asri Petrochemichal.


"Ini kan program CSR Chandra Asri. Jadi nanti plastik akan disediakan oleh Chandra Asri dan itu free," kata Vice President Corporate Relation PT Chandra Asri Petrochemical, Suhat Miyarso kepada wartawan di Pemkot Cilegon, Kamis (14/2/2019).

Uji coba aspal campuran plastik sudah diuji coba di kawasan pabrik Chandra Asri. Meski demikian, kerja sama dengan Pemkot Cilegon masih menunggu uji lab dan uji lapangan. Perkiraan hasil uji tersebur keluar akhir 2019.


"Ini masih jalan (percobaan) mudah-mudahan akhir tahun ini bisa jalan," kata dia.

Suhat mengatakan, penelitian aspal campur plastik itu masih terus berjalan. Hasil terakhir, aspal campuran itu diklaim 40 persen lebih kuat dari campuran aspal konvensional.

"Penelitian jalan terus, sekarang kalau menurut survei 40% lebih kuat lebih tahan daripada yang konvensional, tapi 40% itu nilainya berapa kita lihat dulu karena kan apakah untuk konstruksi baru atau relaying misalnya pelapisan kembali," tuturnya.

Penggunaan aspal campur plastik pertama kali digunakan di India untuk mengurangi sampah plastik yang merusak lingkungan terutama laut.


Perbedaan di India dan Indonesia. Penggunaan aspal plastik di Indonesia menggunakan teknologi dengan tujuan penghematan dan ketahanan aspal untuk infrastruktur jalan.

"Kalau yang pertama pake itu India tapi mereka tidak seperti kita. (mereka) dalam usaha mengurangi kantong plastik saja kalau kita denfan teknologi, jadi kita hitung berapa yang paling optimum jumlah plastiknya dan lain-lain," ujarnya.

Aspal campur plastik dikatakan lebih rahan lama dan tahan air lantaran pori-pori aspal lebih sedikit karena tertutup plastik (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed