Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Feb 2019 16:25 WIB

Singkirkan Dominasi Singapura, RI Siapkan 7 Pelabuhan Hub

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pemerintah tengah berupaya mengurangi dominasi Singapura dalam bidang kepelabuhanan. Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan 7 pelabuhan pengumpul (hub) dari ujung barat hingga timur Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menerangkan, dalam rapatnya bersama Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah akan memperkuat konsep Tol Laut dengan membangun jaringan pelabuhan terpadu.

"Jaringan pelabuhan terpadu, pelabuhan harus terintegrasi dengan baik dengan kawasan industri, bisa kawasan industri yang nempel pelabuhan, maupun kawasan industri katakan punya jarak tapi punya konektivitas kereta api, jalan tol, jalan raya yang memadai," katanya usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (15/1/2019).

Lanjutnya, pemerintah saat ini juga sedang mengurangi dominasi Singapura sebagai hub internasional. Selama ini, pengiriman barang mesti singgah di Singapura.


"Intinya kita ingin mengurangi dominasi Singapura yang selama ini menjadi hub-nya, kalau bisa hub selama ini tergantung Singapura bisa dipindahkan ke pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Karena itulah harus ada integrasi jaringan ini, jadi industri kalau kirim barang langsung ke pelabuhan terdekat, dari situ apakah pelabuhan lebih besar di Indonesia dan dikirim ke keluar," paparnya.

Bambang bilang, pemerintah menyiapkan 7 hub, di mana di ujung barat ada Pelabuhan Kuala Tanjung. Sementara, di timur ada Pelabuhan Sorong. Bambang sendiri enggan merinci 7 pelabuhan tersebut.

"Intinya 7 hub, integrated 7 hub dari Kuala Tanjung yang paling barat dari Sorong paling timur. Nanti kita lihat, kan hub beda-beda, mana kalau istilahnya bandara mana yang bisa pesawat badan lebar, mana badan sedang," ujarnya.

"Ya itu kalau belum Perpres keluar saya nggak mau bikin, nanti banyak daerah kenapa saya nggak, kenapa saya enggak, makanya saya lebih baik nanti aja," sambungnya.


Dalam hub tersebut, nantinya semua pelayanan di 7 pelabuhan akan disamakan.

"Itu juga operasional pelabuhan jaringan ini akan distandarkan. Jadi 7 hub itu nggak ada beda, tarifnya, pelayanannya. Itu ada integrated operator sistem. Semua Pelindo harus kerjasama," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed