Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Feb 2019 18:52 WIB

Kontraktor Prancis bakal Ikut Bangun Sirkuit MotoGP di Mandalika

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Istimewa/Kementerian PUPR Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan membangun sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk pembangunannya, ITDC akan menggandeng kontraktor asal Prancis, Vinci Construction.

Direktur Utama Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer mengatakan pembangunan sirkuit tersebut akan dilakukan pada September ini. Mulanya, dasar jalan akan dibangun terlebih dahulu oleh ITDC.

Baru kemudian, oleh Vinci akan ditingkatkan standar jalanan berdasarkan aturan dari MotoGP.


"Kalau jalan (sirkuit) dari investasi Vinci, mereka yang bangun. Jadi jalanan dasar dari kita dulu, terus dilanjutkan Vinci pelapisan hingga uji layak sesuai standar," kata dia kepada detikFinance, Jumat (22/2/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan kerja sama dengan Vinci dilakukan dengan skema penyewaan selama 80 tahun dengan panjang lintasan 4,32 kilometer (km) dan 18 tikungan.

"Itu Vinci sewa 80 tahun. Peran ITDC mempromosikan dan kemudian koordinasi. Dibangun di luas lahan 106 ha dengan panjang 4,32 km dengan belokan sebanyak 18," papar dia.


Sekadar informasi, sirkuit MotoGP di Mandalika dibangun dengan konsep street race. Artinya, jalanan tersebut dibuka untuk umum kala tak ada pertandingan. Sirkuit itu ditargetkan selesai di tahun 2021. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed