Molor dari Lebaran, Tol Japek Layang Selesai 5 Bulan Lagi

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Minggu, 03 Mar 2019 20:29 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Direktur Utama PT Jasamarga Jalan-layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono menyatakan bahwa ada kemungkinan Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek (Japek) II tidak bisa selesai sesuai jadwal.

Awalnya dijadwalkan Tol Japek II ini bisa selesai pada bulan Mei nanti alias bertepatan dengan lebaran. Sehingga bisa membantu mengakomodir arus mudik masyarakat.

Namun, menurut Djoko tol ini baru bisa selesai 100% sekitar empat sampai lima bulan ke depan. Hingga kini perkembangannya saja masih hanya menyentuh 71% sedangkan untuk fungsional alias bisa digunakan harus 93%.

"Mungkin bisa 100% sekitar 4 - 5 bulan lagi. Untuk dapat dibuka fungsional pada saat mudik Lebaran 2019 ini progres minimal harus mencapai 93%," ungkap Djoko kepada detikFinance, Minggu (3/3/2019).


Djoko berharap agar pihaknya mampu mengejar target jadwal yang telah ditetapkan. Meskipun dia juga mengakui kemugkinannya sangat kecil.

"Semoga saja (target fungsional lebaran) bisa dicapai. Meskipun kemungkinannya memang kecil," harap Djoko.


Sebelumnya, pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno memperkirakan, Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II (Elevated) belum bisa digunakan untuk menyukseskan Angkutan Lebaran 2019.

Berbeda dengan apa yang diucapkan pihak JJC, menurut prediksi Djoko setidaknya diperlukan waktu delapan bulan lagi untuk penyelesaian sejak Maret 2019, sehingga diperkirakan baru bisa selesai Desember 2019.


(zlf/zlf)