Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Mar 2019 17:40 WIB

Tol di Sumatera Gantikan Cipali jadi yang Terpanjang di RI

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Hutama Karya Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan besok, Jumat (8/3/2019) akan meresmikan salah satu ruas Tol Trans-Sumatera yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Itu bakal menambah deret tol yang beroperasi di Indonesia dan diresmikan Jokowi.

Tol Bakter tersebut bakal menggantikan tol Cipali yang sebelumnya mengemban predikat tol terpanjang di Indonesia yang mencapai 116,75 km. Tol Bakter yang telah lebih dulu dioperasikan sebagian seksinya pada tahun lalu akan beroperasi penuh besok sepanjang 140,7 km.

Selain tol Bakter, sebenarnya ada sejumlah tol dengan ruas panjang lagi di Sumatera. Di antaranya tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 km yang direncanakan operasi pada pertengahan tahun ini hingga tol Padang-Pekanbaru yang mencapai 244 km.



Berdasarkan data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip detikFinance, Kamis (7/3/2019), Tol Trans Sumatera sendiri sudah ada beberapa ruas yang beroperasi.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi adalah Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 km. Besok setelah diresmikan Jokowi, tol dengan total panjang 140,7 km itu akan beroperasi penuh.

Berikutnya ada Tol Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km yang sudah beroperasi. Selanjutnya adalah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi untuk Seksi 2 7,05 km, Seksi 3 4,4 km, Seksi 4a 6,6 km, Seksi 4b 6,22 km, Seksi 5 9,6 km, dan Seksi 6 7,8 km.

Jokowi juga sudah meresmikan pengoperasian Tol Medan Binjai Seksi 2 sepanjang 6,18 km dan Seksi 3 sepanjang 4,28 km.

Sementara untuk ruas Tol Trans Jawa sudah diresmikan dari Jakarta hingga Surabaya. Sisanya yang masih dalam proses adalah Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 45 km, dan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 163,83 km.

Untuk tol non Trans Jawa, Jokowi sudah meresmikan pengoperasian Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km. Terakhir di Jabodetabek, tol yang sudah dioperasikan adalah Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif/Cinere sepanjang 5,8 km dan akses Tanjung Priok sepanjang 8 km.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed