Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Mar 2019 16:32 WIB

15 Tahun Direncanakan, Proyek 'Anti' Banjir Bandung Kelar Akhir 2019

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kunjungan kerja (kunker) di Bandung, Jawa Barat dengan melihat progres pembangunan Terowongan Nanjung di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Setibanya di lokasi, Jokowi langsung mendengarkan paparan singkat dari Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR mengenai proyek strategis nasional (PSN) ini.

Setelah itu, Jokowi pun menargetkan bahwa proyek pembangunan terowongan 'penangkal' banjir di Bandung ini selesai pada akhir tahun 2019.

Menurut Jokowi, proyek terowongan Nanjung ini sudah direncanakan sejak 15 tahun lalu. Namun, realisasinya stagnan. Oleh karena itu, harus diselesaikan secepatnya untuk mengatasi permasalahan banjir.


"15 tahun yang lalu, ini sudah lama, dikoja dikaji, ini kita sekarang dalam proses kita kerjakan," kata Jokowi usai meninjau Terowongan Nanjung, Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019).

Proyek terowongan ini digarap KSO PT WIjaya Karya (Persero) Tbk - PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Ada dua buah tunnel atau terowongan air yang dikerjakan, masing-masing sepanjang 230 meter.

"Kita harapkan ini dapat mengatasi banjir yang ada di bandung, terutama di daerah Dayeuh Kolot, di Baleendah, di Bojongsoang, ini bisa terkurangi banyak sekali dengan adanya terowongan ini," ujar dia.

Dia menceritakan, lamanya pembangunan proyek PSN ini dikarenakan beberapa hal teknis. Salah satunya adalah kemampuan pemerintah daerah dari sisi anggaran.

Sehingga, pembangunan diambilalih oleh pusat dengan skema yang sudah ditetapkan.

"Tanya Pak Bupati. Nggak punya kemampuan untuk mengerjakan, baik di kabupaten maupun di provinsi. Kalau nggak diambil alih pusat ya nggak mungkin ini akan bisa dilaksanakan," tegas Jokowi.



Oleh karena itu, Jokowi pun menargetkan penyelesaian pembangunannya rampung pada akhir 2019.

"Ini yang satu sudah rampung, yang satu separuh lebih. Tahun ini rampung lah, akhir tahun ini insyaallah sudah rampung, selesai. Sehingga nanti musim hujan berikut sudah keliatan fungsi dari Terowongan ini," ungkap dia.


Simak Juga 'Saat Jokowi Meninjau Proyek Penangkal Banjir Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



15 Tahun Direncanakan, Proyek 'Anti' Banjir Bandung Kelar Akhir 2019
(hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed