Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mar 2019 16:15 WIB

Jajal MRT Jakarta, Menteri PUPR: Tidak Kalah dengan Singapura

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjajal moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Basuki mengatakan, MRT Jakarta ini tak kalah bagus dengan MRT di negara lain.

"Saya kira mudah-mudahan kita sepakat bahwa kesan kita terhadap MRT ini, kalau dengan MRT-MRT dengan negara lain, ini termasuk MRT yang baik. Tidak kalah dengan Singapura, dengan Jepang," kata Basuki di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Basuki mengatakan saat ini progres pembangunan MRT Jakarta sudah hampir rampung. Saat beroperasi penuh nanti, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Lebih dari itu, Basuki menilai hadirnya MRT Jakarta dapat merubah sikap dan perilaku masyarakat Jakarta. Contohnya dalam hal kebersihan.

"Kenapa? Saya kira dari segi stasiun ada eskalatornya, tempatnya lebih bersih. Ini adalah salah satu kelemahan kita untuk jaga kebersihan. Ini harus keras sekali. Tidak ada toleransi untuk kebersihan," katanya.



Selain itu, tambah Basuki, dengan adanya pembangunan MRT tahap II dan tahap III nanti maka masyarakat selain dari Jakarta bisa ikut merasakan moda transportasi ini. Dengan begitu, MRT ini akan lebih terasa manfaatnya oleh banyak pihak.

"Ini bari 16 km dari Lebak Bulus ke HI. Nanti akan kita teruskan dari HI ke Kampung Bandan kira-kira 8 km. Itu pun belum maksimal. Nanti akan lebih terasa manfaatnya kalau dari Kembangan ke Bantar Gebang dibangun, itu akan lebih dirasakan manfaatnya moda transportasi MRT ini," jelasnya.

"Nanti kalau ada park and ride tidak usah dipaksa pasti orang akan naik MRT. Jadi ini saya kira perlu dukungan kita semua. Prasarana transportasi publik ini perlu kita manfaatkan," tuturnya.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed