Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 10:26 WIB

Tol Pertama Bengkulu Bakal Tersambung Pelabuhan Pulau Baai

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dana Aditiasari Foto: Dana Aditiasari
Bengkulu - Keberadaan jalan tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95 km diyakini dapat menjadikan Provinsi bengkulu pusat ekonomi baru di Indonesia.

"Bengkulu itu sekarang seperti terisolasi karena secara geografis dibatasi oleh bukit barisan. Padahal kita punya potensi ekonomi yang cukup besar," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ditemui di Bengkulu, Minggu (15/3//2019).

Ia mengatakan, keberadaan jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bengkulu ke bagian tengah pulau Sumatera sehingga bisa menjadi tulang punggung transportasi logistik dari Pelabuhan Pulau Baai ke berbagai hingga ke Lubuk Linggau.



"Kami juga tengah mengembangkan pelabuhan Pulau Baai. Nah kalau tol ini jadi, ini akan semakin membuat ekonomi Bengkulu melesat. Ini akan jadi tempat masuknya kapal-kapal besar di sisi barat Sumatera lewat pelabuhan Pulau Baai, lalau tersambung tol, barang-barang itu diangkut lewat tol. Ini potensi ekonominya besar sekali," tegas dia.

Sekadar informasi, jalan tol sepanjang 95 km ini terdiri dari 3 seksi pekerjaan yakni seksi Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 km, Kepahiang-Taba Penanjung 23,7 km dan Lubuk Linggau-Kepahiang sepanjang 54,4 km.


Target penyelesaian konstruksi seluruh jalan tol ini adalah Desember 2022. Sementara untuk tahap awal, ditargetkan ruas pertama tol ini rampung di Maret 2021.

Kemudian secara bertahap, ditarget seksi tiga jalan tol ini ditarget rampung Januari 2022 dan seksi dua rampung pada Desember 2022.



Tonton jua video Kapan Lampung sampai Aceh Tersambung Tol, Pak Jokowi?:

[Gambas:Video 20detik]


Tol Pertama Bengkulu Bakal Tersambung Pelabuhan Pulau Baai
(dna/zlf)
tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed