Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 14:15 WIB

Infrastruktur Langit Jadi Andalan Ma'ruf Amin Ciptakan Decacorn

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa jika terpilih sebagai pemimpin negara periode 2019-2024 akan menciptakan banyak startup bahkan decacorn.

Namun Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Kyai Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan penciptaan startup dan decacorn akan memanfaatkan infrastruktur langit yakni palapa ring.

"Setelah membangun infrastruktur langit, yaitu Palapa Ring, maka saatnya mendorong pemanfaatan untuk peningkatan ekonomi bangsa," kata Ace saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/3/2019).


Pada debat, Kyai Ma'ruf Amin menjanjikan menumbuhkan sekitar 3.500 stratup pada periode pertamanya atau selama lima tahun jika terpilih menjadi wakil presiden periode 2019-2024.

"Abah Kyai Ma'ruf ingin menegaskan apa yang telah dilakukan Pak Jokowi tentang memanfaatkan industri 4.0 yang berbasis pada ekonomi digital," tambah dia.

Oleh karena itu, Ace mengungkapkan bahwa pembangunan startup hingga decacorn sangat mengandalkan infrastruktur yang sudah dibangun seperti palapa ring.

"Abah Kyai Ma'ruf ingin lahir starup-starup baru yang jumlah 1000 dalam 1 periode ke depan, bahkan decacorn," ujar dia.


Dapat diketahui, startup sendiri merupakan perusahaan rintisan atau yang belum lama beroperasi. Perusahan ini pada fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Sedangkan decacorn merupakan perusahaan startup yang memiiki valuasi atau nilai perusahaan di atas US$ 10 miliar yakni setara Rp 140 triliun (kurs Rp 14.000 per dolar AS). (hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com