Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Mar 2019 14:08 WIB

Bandung hingga Makassar bakal Dibangun MRT

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Usai menjajal MRT Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan menyiapkan proyek serupa di kota-kota lain. Proyek MRT di kota-kota lain ini perlu diadakan sehingga tidak terlambat seperti Jakarta.

Menurut Jokowi saat ini sedang dilakukan FS alias feasibility study penyediaan MRT di kota-kota lain.

"Ini kan FS dulu. Kalau untuk Jakarta sangat mendesak tapi kota-kota lain seperti Palembang, Sumut, Bandung, Surabaya dan Makassar saya kira juga harus disiapkan, jangan terlambat seperti kita yang di Jakarta," ujar Jokowi di halte MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (19/3/2019).


Selain soal penyediaan MRT Jokowi mengatakan sempat dibahas pula integrasi transportasi Jabodetabek. Pembahasan ini bersama Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Bekasi, Depok dan Tengerang.

Jokowi menjelaskan pembahasan itu belum matang, tapi para kepala daerah sepakat integrasi transportasi mesti segera dilakukan.


"Tadi sama-sama Gubernur DKI, Wagub Jawa Barat, Wali Kota Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor berbicara integrasi moda transportasi. Jika rencananya belum matang tapi pelaksanaannya harus lebih cepat itu yang kita bahas," terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi menambahkan groundbreaking proyek MRT Jakarta tahap II akan berlangsung pada Minggu (24/3). Saat yang sama, Jokowi akan meresmikan beroperasinya MRT Jakarta tahap I (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com