Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Mar 2019 15:02 WIB

Jajal MRT Jakarta, Jokowi: Kita Terlambat Membangun

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Rengga Sancaya Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menjajal kereta MRT Jakarta yang tengah dalam masa uji coba operasi ke publik. Jokowi mengajak serta para menteri Kabinet Kerja usai melakukan rapat terbatas di Istana Negara.

Jokowi mengaku kaget dengan antusiasme masyarakat yang ikut menjajal uji coba MRT Jakarta. Hal ini terlihat dari habisnya kuota yang disediakan untuk uji coba hanya dalam waktu beberapa hari.

"Betul-betul mengagetkan. Saya kaget tadi terus terang, begitu sangat antusias, semuanya pengin nyoba. Kita senang MRT ini disambut masyarakat dengan begitu sangat antusias. Dan kita harapkan ke depan penggunaannya semua masuk di sini," katanya saat menjajal kereta MRT Jakarta, Selasa (19/3/2019).


"Tadi sebagai contoh, beberapa orang mau makan dari HI turun di Senayan. Nggak ada 10 menit, ntar balik lagi ke kantornya. Ini adalah budaya, peradaban baru yang harus kita biasakan," tambahnya.

Jokowi berharap suksesnya pembangunan MRT di Jakarta dapat diikuti oleh kota-kota lainnya di Indonesia. Dia tidak ingin pembangunan moda transportasi massal perkotaan di daerah lain tertinggal, mengalami nasib yang sama dengan Jakarta seperti dulu.


"Kita ini terlambat membangun. Jangan sampai kota-kota lain juga terlambat," katanya.

"Seperti Palembang, kita ingin coba lah satu kota siapkan LRT, MRT atau trem. Karena ibu kota-ibu kota provinsi sudah mulai macet. Sebentar lagi kita akan lanjut percepat ke Bandung, Surabaya, Medan," ucap dia. (eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed