MRT Fase II Groundbreaking 24 Maret, Ini Lokasi Stasiunnya

ADVERTISEMENT

MRT Fase II Groundbreaking 24 Maret, Ini Lokasi Stasiunnya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 19 Mar 2019 18:13 WIB
Foto: Mindra Purnomo/Infografis
Jakarta - Kelanjutan proyek moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT) Jakarta rute Selatan-Utara bakal dimulai kembali akhir pekan ini. Rute Selatan-Utara MRT Jakarta yang sudah terbangun dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dilanjutkan ke Kota, Jakarta Utara atau Fase II.

Penlok atau penentuan lokasi proyek MRT fase II sendiri telah diterbitkan melalui Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 1728 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi untuk Pembangunan Jalur MRT Koridor Bundaran HI - Kota tanggal 21 November 2018. Persetujuan dari Mensesneg selaku Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka juga disebut telah didapat untuk pembangunan gardu receiving station di kawasan Monas.

Berdasarkan data PT MRT Jakarta, stasiun pertama fase II yang akan mulai dibangun pada 24 Maret 2019 mendatang itu dimulai dari stasiun Sarinah. Stasiun Sarinah adalah stasiun bawah tanah lanjutan dari Bundaran HI (stasiun terakhir fase I).


Totalnya ada 7 stasiun baru yang akan dibangun pada fase II. Setelah stasiun Sarinah, kemudian berturut-turut ada stasiun Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan kawasan Kota.

Rencananya pada fase II juga akan dibangun depo baru, namun saat ini penentuan lokasi depo masih belum ditetapkan. Sebelumnya pilihan lokasi ada di kawasan Ancol atau Kampung Bandan.

PT MRT Jakarta sendiri sudah menetapkan pemenang tender pelaksana Groundbreaking CP 200 atau lokasi pertama pembangunan fase II. Kontraktornya adalah PT Trocon Indah Perkasa.




MRT Fase II Groundbreaking 24 Maret, Ini Lokasi Stasiunnya
(eds/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT