Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Mar 2019 18:56 WIB

India Minat Investasi di RI, Pemerintah Dorong di Luar Jawa

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - India berminat untuk berinvestasi di pembangunan infrastruktur di Indonesia. Ada beberapa fokus bidang infrastruktur yang dianggap menjanjikan buat India.

Deputi Bidang Perencanaan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Ikmal Lukman menjelaskan, sektor-sektor yang dimaksud mulai dari maritim hingga sektor digital.

"Pertanian, industri, maritim, gaya hidup, digital adalah sektor yang paling potensial bagi investor India," katanya dalam Forum Infrastruktur India-Indonesia atau India-Indonesia Infrastructure Forum di The Westin Jakarta, Selasa (19/3/2019).


Di samping itu, Indonesia mendorong investor India berinvestasi di luar Pulau Jawa. Menurut Ikmal, luar Pulau Jawa cukup menjanjikan sebagai tempat menanamkan investasi.

"Kami mendorong investor untuk berinvestasi di luar Jawa karena ada banyak potensi untuk dikembangkan di sana," jelasnya.

Meski saat ini tengah terjadi ketidakpastian global, India tak perlu khawatir berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, foreign direct investment (FDI) atau investasi langsung dari asing yang berasal dari India trennya juga terus tumbuh.

"Terlepas dari ketidakpastian global saat ini, kami yakin bahwa kami akan tetap tangguh. Kami percaya bahwa tren investasi kami yang baik akan berlanjut tahun ini. Realisasi FDI India telah meningkat dari US$ 57,18 juta pada 2013 menjadi US$ 206 juta pada 2018," tambahnya.



Sebagai informasi, hari ini Kementerian koordinator Kemaritiman menggelar pertemuan dengan para utusan dan pengusaha India di acara Forum Infrastruktur India-Indonesia atau India-Indonesia Infrastructure Forum.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan turut hadir dalam acara tersebut, serta Plt Gubernur Provinsi Aceh Nova Iriansyah, Wakil Menteri Luar Negeri India A Gitesh Sarma, dan Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep K. Rawat.

Utusan dari India yang hadir terdiri dari 30 pimpinan perusahaan alias CEO yang bergerak di sektor infrastruktur dengan fokus pada otomotif, penambangan, pelabuhan, listrik, bandara, manajemen sumber daya air, sistem manajemen rumah sakit, industri 4.0 dan solusi TI untuk proyek infrastruktur.


India Minat Investasi di RI, Pemerintah Dorong di Luar Jawa
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed