Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Mar 2019 07:24 WIB

Belum Ada Tarif, MRT Jakarta Diresmikan Hari Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan beroperasinya moda raya terpadu (MRT) Jakarta fase I Lebak Bulus-Bundaran HI hari ini, Minggu, 24 Maret 2019. Jika sesuai rencana, lokasi peresmian berlangsung di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Peresmian ini dilakukan bertepatan juga dengan event car free day yang rutin dilaksanakan setiap Minggu pagi.

Namun peresmian ini dilakukan ketika tarif MRT Jakarta sendiri belum rampung diputuskan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif MRT Jakarta baru akan ditentukan pada Senin mendatang, tepatnya saat rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) di DPRD DKI Jakarta.


Artinya peresmian MRT Jakarta bukan dalam rangka operasi komersial. MRT Jakarta baru akan mulai difungsikan secara komersial pada 1 April 2019. Rencananya, penumpang akan membayar sesuai dengan stasiun yang dilalui.

MRT Jakarta akan beroperasi pada tanggal 25 Maret 2018, sehari setelah diresmikan hari ini. Selama seminggu dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2019, MRT masih gratis.

Kembali soal tarif, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI memang sempat tarik ulur. Oleh karenanya pembahasaannya cukup memakan waktu, namun mulai ada titik terang.


Ketua Komisi B Abdurrahman Suhaimi mengatakan pembahasan rekomendasi mengenai tarif MRT akan diserahkan pada Rapimgab. Rekomendasi itu nantinya jadi acuan untuk penentuan tarif MRT.

"Jadi hasil rapat Komisi baik B dan C itu adalah hasilnya rekomendasi. Rekomendasi itu menjadi salah satu acuan untuk memutuskan itu nanti yang memutuskan di Rapimgab itu. Keputusannya nanti di Rapimgab, di Komisi B bukan memutuskan merekomendasikan, bisa jadi rekomendasi Komisi B dan C beda," ungkap Suhaimi. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com