Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Mar 2019 12:18 WIB

Kata Menhub Soal Penumpang MRT yang Tak Tertib

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Moda raya terpadu (MRT) Jakarta fase I Lebak Bulus-Bundaran HI resmi beroperasi hari ini, Minggu, 24 Maret 2019. Sebagai jenis moda transportasi yang baru ada di Indonesia khususnya Jakarta, MRT diharapkan bisa mengubah budaya masyarakat dalam menggunakan transportasi umum.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyayangkan foto viral yang baru-baru ini beredar. Foto tersebut memperlihatkan pengguna MRT Jakarta yang makan di stasiun sambil duduk lesehan.

"Kita evaluasi, yang pertama adalah lifestyle dari masyarakat, jadi memang ini kami melihat ada masyarakat yang kurang tertib lah ya, makan di stasiun, gelantungan, itu viral ya," katanya disela-sela peresmian MRT Jakarta, Minggu (24/3/2019).



Menurutnya perlu ada kultur baru di masyarakat dalam menggunakan MRT Jakarta.

"Saya mengharapkan agar kita memang ini ada satu kultur baru, dan kita memang harus menyesuaikan, bahkan kalau secara etik selain tidak makan dan minum, diharapkan di dalam MRT itu kita diam, kita tidak terlalu berbicara bahkan handphone pun dibatasi," jelasnya.

Disamping itu, Budi Karya meminta manajemen MRT Jakarta menyediakan tim di lapangan untuk menegur secara masyarakat yang tidak tertib saat menggunakan MRT Jakarta.



"Kita juga minta kepada MRT untuk mempersiapkan tim yang bisa menegur dengan tegas bagi mereka mereka yang melanggar," ujarnya.

"Ya tegas tapi cenderung persuasif lah. Ini kan suatu lifestyle baru. Kalau kita di Singapura kan juga jadi tertib, di mana pun jadi tertib. Masa di negara sendiri nggak tertib," tambahnya.

Seperti diketahui, belakangan ramai foto-foto perilaku penumpang MRT yang tidak tertib. Contohnya tidak antre, buang sampah sembarangan, bahkan hingga makan beramai-ramai di peron stasiun seperti sedang piknik.
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed