Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Mar 2019 16:42 WIB

Jokowi Minta MRT Rute Cikarang-Balaraja Dimulai Tahun Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan moda raya terpadu (MRT) diteruskan. Dia berpesan ke Anies agar MRT fase III (East-West) juga dimulai tahun ini.

Jokowi sendiri hari ini telah meresmikan beroperasinya MRT Jakarta fase I sekaligus meresmikan dimulainya pembangunan MRT Jakarta fase II.

"Tahun ini, tadi sudah saya perintahkan pak gubernur untuk memulai yang rute Timur-Barat (atau) East-West-nya juga dimulai tahun ini," katanya saat meresmikan beroperasinya MRT Jakarta fase I di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3/2019).


MRT fase III memiliki rute dari Cikarang di Bekasi hingga Balaraja di Tangerang.

Pada akhir 2018, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihatono menerangkan, pembangunan MRT jalur East-West akan dilakukan tak berjauhan waktunya dengan fase II (Bundaran HI-Kampung Bandan).

Pembangunan rute tersebut akan dilakukan sedikit berbeda dengan yang fase I. Pemerintah akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau mengundang pihak swasta untuk berinvestasi.


"Makanya saya lagi istilahnya merayu-rayu swasta mana yang mau investasi misalnya di wilayah timur di wilayah barat," ujarnya usai menghadiri Asean University Network (AUN), International Sustainable Infrastructure and Urban Development 2018 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (12/11/2018). (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com