Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Mar 2019 15:48 WIB

94% Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Dibebaskan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: KCIC. Foto: KCIC.
Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) selaku salah satu anggota Konsorsium Kontraktor Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (HSRCC) menegaskan bahwa pembangunan proyek dilakukan dengan cepat. Pembebasan lahan pun sudah hampir selesai.

Direktur Utama WIKA Tumiyana mengatakan hingga akhir bulan lalu pembebasan lahan untuk jalur sepanjang 142,3 kilometer (km) dari Jakarta hingga Bandung sudah dibebaskan 94%. Sisanya lahan yang belum dibebaskan berupa fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

"Pembebasan tanahnya adalah 94%. Sekarang sisa yang 6% itu adalah fasos dan fasum. Itu mudah-mudahan sebenarnya nggak perlu selesai cepat karena itu perlu nego antara satu kebutuhannya apa. Masjid pindah ke sini, nggak suka, pindah ke sini. Sekolahannya dari sini pindah ke sini. Itu memang perlu waktu," ujarnya di WIKA Tower, Jakarta Timur, Senin (25/3/2019).


Pihaknya berharap hingga awal Juni 2019 pembebasan lahan sudah bisa diselesaikan sepenuhnya pada Juni 2019.

"Tapi kalau nggak ya namanya masjid ya orang kan kita lihat kita tanya masing-masing wilayah. Sehingga sekarang kondisi lapangan itu speed-nya sudah tinggi," tambahnya.

Tumiyana melanjutkan, menurut data hingga Februari 2019, untuk progres pembangunan sudah mencapai 9,2%.

"Satu ini juga bornya sudah selesai nanti tinggal turun melakukan boring mesinnya. Diameter bor-nya lebih lebar dibandingkan MRT. Itu gede banget," ujarnya.


Untuk konstruksi fisik, menurut Tumiyana saat ini sudah dilakukan pembangunan pilar-pilar untuk terowongan. Termasuk untuk pengerjaan tahan lainnya.

"Insya Allah sampai saat ini nggak ada (hambatan). Masih on track. Tanah kalau sudah rampung berarti tinggal fisiknya," tegasnya.

Sementara untuk sisa 6% pembebasan lahan, menurut Tumiyana tidak bisa dikebut. Sebab perlu pendekatan khusus untuk memindahkan fasos dan fasum yang terlintasi jalur kereta. (das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com