Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Mar 2019 11:57 WIB

Bandara Kulon Progo akan Senasib dengan Kertajati?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi/Foto: Ardan Adhi Chandra Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi/Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Bandara Kulon Progo/New Yogyakarta International Airport (NYIA) beroperasi bulan depan. Bandara baru di Yogyakarta ini diyakini tidak akan senasib dengan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat yang kesulitan mencari maskapai dan penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan bahwa pembangunan Bandara Kulon Progo memang dibutuhkan karena penumpang di Bandara Adisutjipto sudah melebihi kapasitas. Dari kapasitas 1,3 juta penumpang, Bandara Adisutjipto melayani 8 juta penumpang per tahunnya.


"Jadi persoalannya berbeda dengan yang di Majalengka, Kertajati. Pembangunan di Kulon Progo ini sifatnya karena memang kebutuhan yang sangat mendesak kesediaan jasa transportasi udara yang ada di Yogya," kata Faik kepada detikFinance di kantornya, Kemayoran, Jakarta seperti ditulis Rabu (27/3/2019).

Dengan adanya Bandara Kulon Progo, masyarakat Purworejo dan Jawa Tengah bagian selatan lainnya semakin dekat mengakses bandara. Selain itu juga diyakini akan terbuka pasar baru dari selatan Yogyakarta.


"Jadi walaupun dari Yogyakarta menjadi semakin jauh, tapi di sekitar juga terbuka traffic baru atau market baru. Jadi saya kira ini opportunitynya besar dan beda kasusnya," ujar Faik.

Mengenai akses menuju Bandara Kulon Progo juga menjadi perhatian Angkasa Pura I. Akses menuju bandara ini juga dilengkapi kereta dan bus Damri.

"Accesibility itu menjadi salah satu catatan tapi kita sudah siapkan solusi yang baik," tutur Faik.



Tonton juga video Target Kelar April, Bandara Kulon Progo Dikebut Ala Bandung Bondowoso:

[Gambas:Video 20detik]


Bandara Kulon Progo akan Senasib dengan Kertajati?
(ara/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed