Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Apr 2019 12:54 WIB

Mengintip Lintasan LRT Cibubur-Cawang yang Sudah Nyambung

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Pembangunan jalur lintasan LRT Jabobedek rute Cibubur-Cawang hampir selesai. Lintasan layangnya sendiri sudah tersambung penuh dari Cibubur hingga ke Cawang.

Setelah semua tersambung, bagaimana penampakan jalur LRT Jabodebek sekarang? detikFinance mencoba menelusurinya.

Dari pantauan detikFinance di lokasi, Selasa (2/4/2019), semua lintasan pada rute Cibubur-Cawang ini memang benar sudah terhubung. Tidak ada lagi tiang pancang yang menunggu untuk disambungkan.

Sepanjang jalur lintasan yang tersambung pun kini sudah tidak terlalu terlihat banyak pekerja yang melakukan tugasnya. Hanya ada satu dua orang yang berada di atas jalur untuk melakukan pengecekan pada rel.

Beberapa pekerja lainnya terlihat tengah sibuk memoles tiang-tiang pancang dengan menaiki beberapa steger alias tangga besi. Sejauh ini pekerjaan lebih terfokus pada penyelesaian beberapa stasiun di rute Cawang Cibubur ini.

LRT Jabodebek Cibubur-CawangLRT Jabodebek Cibubur-Cawang Foto: Herdi Alif Al Hikam




Nantinya sendiri, sepanjang 14,89 kilometer lintasan yang hubungkan Cawang-Cibubur akan melalui beberapa stasiun. Diantaranya adalah Stasiun Taman Mini, Kampung Rambutan, Ciracas, dan Cibubur.

Di bawah lintasan LRT Cawang Cibubur juga terlihat bersih dan rapih. Sudah tidak ada lagi bekas galian, alat, maupun beragam material yang diletakkan.

Karena sudah rapih dan bersih, lalu lalang kendaraan di sekitar proyek ini pun terlihat lancar. Apalagi mayoritas lintasan LRT melewati jalan tol.

LRT Jabodebek Cibubur-CawangLRT Jabodebek Cibubur-Cawang Foto: Herdi Alif Al Hikam


Hingga saat ini progres pekerjaan LRT Jabodebek secara total per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64%. Dengan rincian progres untuk lintas fase 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69%.

Pekerjaan pada lintas pelayanan 1, direncanakan PT Adhi Karya (Persero) selesai paling awal. Karena nantinya fase ini akan dijadikan sebagai sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek.

Selain fase Cawang-Cibubur, masih ada dua fase lainnya pada pembangunan LRT Jabodebek. Dua fase tersebut adalah lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas dengan perkembangan pembangunan 47,95% dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84%.





Tonton video Terminal Lebak Bulus Dibongkar Buat MRT, Angkutan Umum Semrawut:

[Gambas:Video 20detik]


Mengintip Lintasan LRT Cibubur-Cawang yang Sudah Nyambung
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com