Jabar Minta Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 02 Apr 2019 13:07 WIB
Tol Cisumdawu/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi II dan seksi III ditargetkan bisa dipakai fungsional saat mudik 2019. Panjang tol Cisumdawu seksi II 17,05 km dan seksi III 4 km.

Sekretaris Daerah Jawa Barat (Jabar) Iwa Karniwa, ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman mengatakan Pemprov Jabar mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar Tol Cisumdawu seksi II dan seksi III fungsional saat Lebaran.

"Kami mengusulkan kepada Kementerian PUPR, khususnya pada BUJT untuk di dalam tahun sekarang, mudik itu bisa dipakai," ujar Iwa, Selasa (2/4/2019).


Kedua seksi tol Cisumdawu itu sudah menunjukkan progres signifikan, sehingga sangat memungkinkan untuk fungsional saat mudik. Untuk seksi II, dia menerangkan progres dari sisi pembebasan lahan sudah hampir 93% dan konstruksi hampir 82%.

"Nah untuk yang seksi III itu Sumedang-Cimalaka itu panjangnya sekitar 5 km-an itu juga daerah macet, ini juga pembebasan lahannya sudah nyaris 100% dan fisiknya juga cukup signifikan sudah hampir 60%," paparnya.


Dibukanya tol tersebut secara fungsional juga diperlukan untuk memecah kemacetan saat mudik nanti di jalur eksisting.

"Jadi kami mengharapkan untuk bisa digunakan hari raya mudik. Karena apabila ini tidak dimungkinkan untuk itu maka di wilayah itu akan terjadi traffic jam," tambahnya.



Tonton juga video Jokowi Targetkan Tol Manado-Bitung Beroperasi Oktober:

[Gambas:Video 20detik]


Jabar Minta Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran
(hns/hns)