Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Apr 2019 14:00 WIB

Cibubur-Cawang Terhubung LRT, Berhenti di Stasiun Mana Saja?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Lintasan layang LRT Jabodebek telah tersambung sepanjang 14,5 kilometer (km). Jalur lintasan tersebut telah menyambungkan Cibubur dan Cawang.

PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor proyek pembangunan LRT mencanangkan pembangunan sekitar 5 stasiun sepanjang Cawang hingga Cibubur.

Dari Cawang perjalanan LRT akan dimulai dari Stasiun LRT Cawang. Stasiun ini akan menjadi stasiun transit menuju jalur Cawang-Bekasi Timur dan Cawang-Dukuh Atas. Rencananya, lokasi pembangunannya berdekatan dengan stasiun Cawang KCJ dan halte koridor 7 Transjakarta, Halte BNN.

Kemudian dilanjutkan ke stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII), stasiun Kampung Rambutan, stasiun Ciracas, sampai akhirnya di Cibubur pada Stasiun Harjamukti.



Nantinya ada sebanyak 32 trainset kereta yang beroperasi melayani penumpang LRT Jabodebek. Kereta yang digunakan nantinya merupakan kereta pabrikan lokal dari perusahaan pembuat kereta pelat merah, INKA.

Rencananya kereta itu dirancang memiliki kapasitas maksimal ditumpangi 1308 orang penumpang. Namun, normalnya LRT akan membawa 740 orang penumpang sekali jalan.

Nantinya, penumpang akan disediakan bangku yang bisa ditempati 174 orang. Lalu, 566 orang bisa berdiri bila tidak kebagian tempat.

Informasi dari Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) Budi Harto menyebutkan bahwa pada Juli nanti, kereta LRT Jabodebek yang dipesan dari INKA bakal mondar-mandir di jalur Cawang-Cibubur untuk melakukan uji coba.

"Juli nanti antara Cawang-Cibubur udah ada kereta," kata Budi di proyek LRT Jabodebek JORR, Jakarta Jumat (29/3) lalu.




Tonton juga video saat JK: Kita Telat Bangun MRT, Harusnya dari Tahun 90-an:

[Gambas:Video 20detik]


Cibubur-Cawang Terhubung LRT, Berhenti di Stasiun Mana Saja?
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com