Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Apr 2019 14:18 WIB

Cibubur-Cawang Bisa Naik LRT Tanpa Masinis

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - LRT Jabodebek makin dikebut pengerjaannya. Terakhir, jalur lintasannya yang menghubungkan Cawang hingga ke Cibubur sudah tersambung penuh.

Rencananya, Juli 2019 nanti sudah ada kereta yang bisa mondar-mandir untuk diuji coba pada rute Cawang-Cibubur.

Uniknya, kereta tersebut akan dirancang tanpa masinis. Dikutip dari infografis resmi LRT Jabodebek, Selasa (2/4/2019), kereta pabrikan INKA ini nantinya akan berjalan tanpa masinis mengusung sistem pengoperasian driverless.

Dengan sistem tersebut nantinya kereta yang digunakan LRT Jabodebek akan diatur perjalanannya secara otomatis. Mulai dari pergerakannya, kecepatannya, hingga waktu berhentinya.



Untuk buka tutup pintu saat berhenti di setiap stasiun, LRT akan dibuka lewat petugas tiap stasiun yang bertugas di ruang kontrol. Nantinya, kereta ini pun didesain bisa melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Rencananya kereta itu dirancang memiliki kapasitas maksimal ditumpangi 1308 orang penumpang. Namun, normalnya LRT akan membawa 740 orang penumpang sekali jalan.

Nantinya, penumpang akan disediakan bangku yang bisa ditempati 174 orang. Lalu, 566 orang bisa berdiri bila tidak kebagian tempat.




Tonton juga video Anies Ingin Pastikan Keamanan dan Keselamatan LRT:

[Gambas:Video 20detik]


Cibubur-Cawang Bisa Naik LRT Tanpa Masinis
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed