Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Apr 2019 18:24 WIB

TKN Yakin Tol Cisumdawu Rampung, Bandara Kertajati akan Ramai

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Istimewa/BIJB Foto: Istimewa/BIJB
Jakarta - Tim Kemenangan Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin optimistis okupansi Bandara Kertajati yang sepi akan naik hingga lebih dari 50%. Sebab, sebentar lagi akan ada akses tol yang menghubungkan Bandung dengan Kertajati.

Menurut Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Ace Hasan Syadzily saat ini jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sedang dalam tahap pembangunan. Progresnya pun berada di angka 80%.

Harapannya, dengan adanya jalan tol nanti bisa meningkatkan okupansi penumpang bandara hingga 50%.


"Kita masih mengerjakan infrastruktur pendukung Cisumdawu itu 80%. Itu nanti yang jelas akan optimal peningkatannya bisa lebih dari 50%," kata dia saat berbincang dengan detikFinance, Kamis (4/4/2019).

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan pembangunan ini juga akan mendorong perekonomian di daerah sekitar bandara . Pasalnya, setiap orang akan lebih memilih menggunakan Bandara Kertajati karena akses yang mudah.


"Kalau menghubungkan juga itu bisa jadi pusat ekonomi di Cirebon, Kuningan, itu daerah sekitar ekonominya bisa hidup," jelas dia.

Sementara itu, Bandara Kertajati sendiri dikritik oleh Pengamat Penerbangan Alvin Lie karena tingkat okupansi yang rendah. Ia menilai bandara tersebut dibangun tanpa ada perencanaan yang matang. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed