Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Apr 2019 22:09 WIB

Bakal Bikin Bandara Kertajati Ramai, Begini Progres Tol Cisumdawu

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Proyek tol Cisumdawu/Foto: Dok. Kementerian PUPR Proyek tol Cisumdawu/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati saat ini masih sepi penumpang. Tercatat, tingkat keterisian (okupansi) penumpang dalam penerbangan hanya sebesar 30%.

Direktur Keuangan dan Umum BIJB Muhamad Singgih mengatakan tingkat okupansi bisa meningkat bila tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menghubungkan Bandung-Kertajati selesai dibangun.

Lantas, seperti apa progres pembangunan jalan tol saat ini?

Berdasarkan catatan detikFinance, proyek jalan tol Cisumdawu hampir selesai pada seksi II dan seksi III. Adapun, panjang lintasan tersebut masing-masing 17,05 km dan 4 km.


Kedua seksi tol menunjukkan progres yang signifikan. Pasalnya, untuk seksi II pembebasan lahan hampir 93% dan konstruksi hampir mencapai 82%.

Kemudian, untuk seksi III pembebasan lahannya telah nyaris mencapai angka 100%. Kemudian kondisi konstruksinya mencapai 60%. Kedua seksi ini pun ditargetkan selesai dan beroperasi secara fungsional pada mudik Lebaran ini.

"Kami mengusulkan kepada Kementerian PUPR, khususnya pada BUJT untuk di dalam tahun sekarang, mudik itu bisa dipakai," kata Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (2/4/2019).

Sedangkan, progres untuk seksi IV, V, dan VI tol Cisumdawu masih dalam tahap pembangunan serta penyelesaian pembebasan lahan.

Sementara itu, Singgih mengatakan dengan adanya jalan tol yang menghubungkan Bandung-Kertajati, membuat waktu jarak tempuh semakin singkat, yakni hanya selama 45 menit dari yang biasanya mencapai 2,5 jam.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed