Sepinya Bandara Kertajati, Hanya Layani 1 Penerbangan dari 11 Rute

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Jumat, 05 Apr 2019 07:05 WIB
Sepinya Bandara Kertajati, Hanya Layani 1 Penerbangan dari 11 Rute
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Salah satu penyebab sepinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dikarenakan akses jalan dari Bandung ke Kertajati yang memakan waktu hingga 2,5 jam lamanya.

Singgih mengatakan saat ini Bandara Kertajati belum terhubung dengan tol Cisumdawu yang bisa menghubungkan akses dari Bandung. Alhasil, waktu perjalanan yang ditempuh bisa lama.

Padahal, kata Singgih, bila tol sudah tersambung maka jarak tempuh bisa diakses hanya dalam waktu selama 45 menit.

"Faktor lain, dari jarak Bandung ke Kertajati itu 2,5 jam. Kalau sudah ada tersambung cuma 45 menit karena cuma 62 km," jelas dia kepada detikFinance, Kamis (4/4/2019).

Selain itu, Singgih juga mengungkapkan alasan lain sepinya bandara karena daerah yang belum berkembang. Sebab saat ini belum ada pusat pariwisata atau bisnis yang bisa menjadi tujuan bagi pendatang.

"Kalau bandara itu bukan tujuan karena pasti ya orang datang karena wisata, bisnis. Di Kertajati belum berkembang jadi kita dorong tumbuh dan pasarkan," ungkapnya.

Walaupun begitu, pihaknya optimistis Bandara Kertajati akan ramai digunakan oleh penumpang dalam beberapa tahun ke depan. "Ya bandara itu berdasarkan feasibility study akan ramai diikuti waktu," tutup dia.