Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Apr 2019 15:05 WIB

Kata Anies LRT Jabodebek Biang Banjir, Kontraktor Akui Ada Kontribusi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap proyek LRT Jabodebek sebagai salah satu biang kerok banjir di sekitar flyover Pancoran dan Cawang yang baru-baru ini terjadi. lain dengan tol Becakayu, PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor mengakui proyeknya ikut menyebabkan banjir.

"Kalau banjir kan faktornya, variabelnya banyak ya, di antaranya ada kontribusi dari proyek kami. Jadi kita sama-sama dengan Pemprov DKI mengindetifikasi dan menyelesaikan masalah," kata Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Pihaknya pun bersama Pemkot Jakarta Timur sudah duduk bareng untuk mencarikan solusinya.


"Nah dari peninjauan Pak Anies memang ada beberapa saluran yang terhambat sehingga hari ini dikumpulkan untuk mengkoordinasikan. Kalau kita sih bilang ya sudah deh ini kan sudah fakta banjir lah ya. Apa penyebabnya kita pikir sih ke arah solusi lah gitu," ujarnya.

Dia mengatakan, ada tiga poin yang menjadi perhatian pihaknya atas proyek yang jadi penyebab banjir. Pertama adalah melakukan pemeliharaan saluran air di sekitar proyek. Kedua pompa yang sudah ada ditambahkan agar jika debit air tinggi bisa dikuras dengan cepat.


Ketiga pihaknya juga mengidentifikasi saluran pembuangan yang sudah ada cukup atau tidak untuk mengalirkan air. Pihaknya berharap dengan upaya itu, banjir tidak akan terjadi lagi.

"Jadi kita lakukan perpanjangan saluran dan penggunaan pipa untuk tambah kapasitas saluran eksisting. Mudah-mudahan dengan upaya ini banjir nggak akan terjadi lagi," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com