Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 06 Apr 2019 13:00 WIB

Ingat! Jangan Tap In dan Tap Out Kartu di Stasiun MRT yang Sama

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - MRT Jakarta telah beroperasi secara komersial dengan pembayaran menggunakan kartu bank maupun kartu Jelajah yang diproduksi oleh PT MRT Jakarta. Namun masih ada kendala pada antrean di gerbang pembayaran atau passenger gate.

Pada sejumlah stasiun, kerap terjadi antrean pada passenger gate lantaran ada error pada pembacaan kartu. Hal ini jelas terlihat pada saat hari libur Rabu (3/4) kemarin karena masih banyak pengguna baru. Hasilnya terjadi antrean menjadi mengular, khususnya pada saat melakukan tap out atau keluar.

Ternyata masih banyak penumpang yang belum memahami aturan bahwa tak diperkenankan melakukan taping kartu masuk dan keluar di stasiun yang sama. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya 'kecurangan' dalam penggunaan MRT.



Dalam aturan penggunaan single trip ticket MRT Jakarta disebutkan, bahwa tiket harus satu siklus tap in dan tap out. Tap in dilakukan di stasiun awal atau pembelian tiket dan tap out harus digunakan pada stasiun tujuan atau sebelumnya.

Selain itu, yang perlu dipahami penumpang adalah bahwa satu tiket digunakan untuk satu perjalanan dan satu penumpang. Hal ini sama seperti menggunakan commuter line, namun berbeda dengan penggunaan TransJakarta.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed