Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 06 Apr 2019 14:50 WIB

Sudah Seminggu Beroperasi, 'Kartu Sakti' MRT Belum Juga Dijual

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Istimewa/MRT Jakarta Foto: Istimewa/MRT Jakarta
Jakarta - Moda Raya Transportasi (MRT) kini sudah bisa digunakan untuk umum. Untuk memudahkan masyarakat, pembayaran tiket MRT Jakarta dilayani secara non tunai dengan menggunakan kartu uang elektronik.

Namun hingga saat ini kartu uang elektronik multi perjalanan atau multi trip milik MRT Jakarta belum juga keluar dan bisa digunakan.

Corporate Secretary MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menjelaskan saat ini kartu yang bisa digunakan adalah kartu single trip MRT Jakarta dan uang elektronik milik bank yakni e-money, TapCash, Brizzi, Flazz dan Jakcard.

MRT Jakarta juga akan mengeluarkan uang elektronik jenis multi trip. Saat ini kartu yang bisa digunakan lebih dari satu kali perjalanan tersebut masih dalam proses perizinan sesuai dengan peraturan BI Nomor 20/6/PBI/2018 tentang uang elektronik.

"Pihak MRT Jakarta senantiasa berkoordinasi dengan Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran untuk memastikan kelancaran penggunaan uang elektronik dalam pembayaran tiket MRT Jakarta, agar masyarakat aman dan nyaman dalam bertransaksi." ujar Kamaluddin dalam siaran pers, Sabtu (6/4/2019).



Dia mengungkapkan MRT Jakarta juga meningkatkan layanan pembayaran kepada masyarakat dengan menyempurnakan mesin pembaca kartu pada gerbang penumpang, mesin tiket otomatis, layanan isi ulang dan penyediaan uang elektronik serta melakukan sosialisasi dan edukasi pembayaran non tunai.

"Ke depan akan dikembangkan pula pembayaran elektronik yang terintegrasi dengan moda transportasi umum lainnya di wilayah Jakarta," jelas dia.

Kamaluddin mengungkapkan, kehadiran MRT Jakarta tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, tapi juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed