Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Apr 2019 12:10 WIB

Bandara Kertajati Masih Sepi, Menhub: 5 Tahun Lagi Menguntungkan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Sudirman Wamad Foto: Sudirman Wamad
Jakarta - Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati kerap menjadi sorotan lantaran hingga kini masih sepi. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bandara kebanggaan Jawa Barat ini bakal menguntungkan dalam 5 tahun mendatang.

Dia memaparkan 3 faktor yang bakal membuat Bandara Kertajati menguntungkan di masa mendatang. Pertama adalah terbangunnya akses tol yang menghubungkan Bandara Kertajati dan wilayah sekitar.

Faktor yang kedua adalah membuka layanan penerbangan umrah dan haji dari Bandara Kertajati. Ketiga, bandara ini juga bakal didorong sebagai bandara untuk angkutan logistik.

"Nah memang itu akan maksimal kalau jalan tolnya sudah selesai. Selain itu kita akan membuat pusat umrah dan haji Jawa Barat, itu bisa. Yang ketiga menjadi pusat logistik di sana," kata Budi Karya ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (11/4/2019).


Dengan 3 faktor tersebut, dia meyakini bandara terbesar kedua di Indonesia yang kini masih sepi itu bakal memberikan keuntungan dalam 5 tahun ke depan.

"Jadi tiga (faktor) ini, 5 tahun mendatang apabila berjalan baik Kertajati adalah satu bandara menguntungkan ya," sebutnya.


Lanjut dia, idenya adalah Bandara Kertajati diperuntukkan penerbangan jarak jauh, sementara Bandara Husein Sastranegara di Bandung untuk melayani penerbangan jarak pendek.

"Angkutan-angkutan luar negeri, angkutan angkutan yang jauh terutama luar Jawa itu pindah semua (ke Bandara Kertajati), sedangkan Bandung-Jakarta, Bandung-Semarang, Bandung-Jogja, Bandung-Surabaya tetap di Bandung ya. Idenya seperti itu," tambahnya.



Tonton juga video Penampakan Bandara Kertajati yang Masih Sepi Penumpang:

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com