Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 12:17 WIB

Progres Pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama Sudah 50%

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Muhammad Abdurrosyid. Foto: Muhammad Abdurrosyid.
Jakarta - Untuk mengatasi mudik, PT Jasamarga Tbk akan menghentikan operasi gardu tol Cikarang Utama. Nantinya, pengguna jalan tol akan dialihkan ke gardu Cikampek.

Dalam acara Kontrak Investasi Kolektif DINFRA Toll Road Mandiri-001, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Senin (15/4/2019), Direktur Utama Jasamarga Dessi Aryani menyampaikan upaya dari pihaknya tersebut dalam rangka menyambut mudik 2019.

"Ada satu upaya kita yang effortnya cukup besar, yaitu memindahkan Cikarang Utama," kata Dessi.

Dessi mengatakan, gardu Cikarang Utama sudah tidak mampu menampung antrean kendaraan. Beberapa gardu dibongkar dalam rangka pembangunan infrastruktur kereta cepat dan tol Japek Elevated.


Selain itu, kepadatan masyarakat dikarenakan capaian kereta commuter sudah cukup jauh. "Kemudian karena commuternya masyarakat itu sudah jauh. Dulu commuternya cuma sampai Cikarang, sekarang sudah sampai Karawang. Kan padet sekali itu. Jadi memang sudah nggak layak," tambah Dessi.

Lalu, traffic kendaraan di Cikampek juga akan terpecah. Kendaraan-kendaraan tak lagi menuju arah yang sama. Di Cikampek, semua akan terpecah baik ke Selatan, Timur, dan sebagainya. Hal ini yang meyakini Jasamarga untuk memindahkan gardu Cikarang Utama.

"Kalau di Cikarang Utama kan semua deras itu dari Jakarta ke situ," kata Dessi.



Dessi menyatakan, sejauh ini proses pemindahannya sudah hampir 50%. Ditargetkan, sebelum mudik sudah selesai.

"Sebelum mudik harus sudah jadi. Kan cuma mindahin gardu," pungkas Dessi. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed