Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 15:46 WIB

Ke Bandara Soetta, Menhub Cek Progres Proyek Runway 3

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikcom Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memgecek pembangunan landasan pacu atau runway 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Pantauan detikFinance, Senin (15/4/2019), Budi Karya tiba di lokasi proyek sekitar 15.40 WIB, didampingi Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti dan Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Jika berjalan sesuai rencana, runway 3 ini siap dioperasikan pada Juni 2019 alias dua bulan dari sekarang. Proyek PT Angkasa Pura II (Persero) ini ditargetkan selesai dalam kurun waktu 425 hari kerja.

Total lahan yang digunakan untuk adalah 216 hektare untuk pembangunan runway seluas 3.000 x 60 meter persegi.

Runway 3 Bandara Soekarno Hatta ini dibangun untuk mempercepat arus masuk dan keluar pesawat, serta menampung maskapai luar negeri.

Dana yang dikucurkan untuk proyek runway 3 ini adalah Rp 6 triliun, di mana untuk pembangunan sebesar Rp 2 triliun, ditambah dana pembebasan lahan sekitar. Rp 4 triliun.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan runway 3 Bandara Soetta akan menunjang penambahan penerbangan dari luar negeri ke Indonesia.

"Tentu saja dengan adanya pertambahan runway yang ke-3 akan bisa menambah slot penerbangan dari luar yang ingin masuk ke Indonesia," ujar Jokowi kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (21/6/2018).

Jumlah pesawat yang lepas landas per jam akan meningkat dengan beroperasinya runway 3. Ditargetkan ada 120 take off-landing per jam. Saat ini dalam waktu sejam ada 81 kali pesawat take off-landing. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com