Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 19:03 WIB

Jelang Lebaran, Jembatan Kolonel Sunandar Dikebut Siang-Malam

Akrom Hazami - detikFinance
Foto: Akrom Hazami Foto: Akrom Hazami
Kudus - Jembatan Kolonel Sunandar yang jadi perbatasan Kabupaten Kudus-Kabupaten Demak saat ini terus dikebut pengerjaannya. Tujuannya agar jembatan bisa dilalui saat mudik nanti.

Pantauan detikcom, pekerja menyelesaikan pengerjaan di atas jembatan. Seperti di bagian lantai jembatan, bangunan jembatan seperti bagian bawah sudah selesai.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Alik Mustakim menjelaskan, saat ini progres pengerjaan jembatan Kolonel Sunandar sampai sekitar 85%.

"Sekitar 85% pengerjaan jembatan," kata Alik ditemui di tempat kerjanya di Tanggulangin, Kabupaten Kudus, Senin (15/4/2019).



Menurutnya, sekarang pihaknya sedang menyelesaikan tahapan pengerjaan lantai jembatan. Selanjutnya, PPK menargetkan 24 Mei 2019 akan cor lantai jembatan.

"Karena target kita memang pekerjaan berat kita di jembatan, yang harus dikejar tanggal 24 Mei kita sudah harus ngecor," katanya.

"Target open traffic insyaallah di 8 Mei. Itu masih H-27 Lebaran," terang Alik menambahkan.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya akan melakukan pengetesan (loading test) hingga pengaspalan.

"Kita kerja siang malam. Buka tutup sementara dari arah Demak normal, kalaupun ada penutupan, sifatnya temporary. Paling satu jam, dua jam. Karena kita buat lansir material," ujarnya.

Pihaknya juga menuturkan, jembatan baru ini mempunyai kelebihan. Di antaranya jika permukaan air sungai wulan meluap, jembatan masih aman dari air.

"Kelebihan bangunan kami di rencana. Jembatan ini tidak ada pilar di tengahnya. Lantai jembatan lebih tinggi. Jadi tidak kena air sungai saat meluap," katanya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com