Catat! Ruas Tol di 4 Pulau ini Dibuka Fungsional Mudik Lebaran

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Senin, 22 Apr 2019 18:53 WIB
Ilustrasi Jalan Tol/Foto: dikhy sasra
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka fungsional sejumlah ruas jalan tol untuk mudik lebaran 2019. Ruas tol yang dibuka fungsional itu terdapat di 4 pulau Indonesia.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, Set. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Ranto Parlindungan Rajagukguk mengungkapkan untuk di Tol Trans Jawa, ruas tol yang akan dibuka fungsional ialah Pandaan Malang seksi I-lll sepanjang 30,6 km yang menghubungkan wilayah Surabaya Malang.

"Pandaan malang seksi 1-3 sepanjang 30,6 km. Saat mudik lebaran 2019 direncanakan akan beroperasi fungsional tanpa tarif," kata Ranto di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (22/4/2019).


Kemudian untuk jalan tol di wilayah Pulau Sumatera yang akan dibuka fungsional ialah Terbanggi Besar-Pematang-Panggang Kayu Agung 189,20 km dan ruas Medan Binjai seksi I segmen Helvetia Jl. Veteran 2,8 km.

"Ruas jalannya semuanya sudah operasional di Sumatera, bahwa Bakauheni-Terbanggi Besar operasional penuh, Bakauheni-Kayu Agung itu fungsional. Itu difungsionalkan totalnya 189,2 km," jelasnya.

Selain jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, jalan tol di wilayah Sulawesi yang sudah beroperasi yaitu Ujung Pandang Seksi I dan II 6,05 km dan Makassar Seksi IV (11,6 Km). Kemudian untuk yang dioperasikan fungsional dalam mendukung pelaksanaan mudik lebaran 2019 yaitu jalan tol Manado Bitung (Ss. Sukur Ss. Kauditan) sepanjang 18 km.


Kemudian jalan tol di wilayah Kalimantan yaitu jalan tol Balikpapan-Samarinda seksi 1-3 yang juga difungsionalkan sepanjang 70,5 km.

"Wilayah Sulawesi, Manado-Bitung opsional ya kan nggak terlalu ramai lalu lintasnya sama dengan Balikpapan-Samarinda opsional saja yang mungkin difungsikan," tuturnya. (fdl/ara)