Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 19:45 WIB

GT Cikarang Utama Dipindah, BPJT Pastikan Tak Ada Perubahan Tarif

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
GT Cikarut/Foto: Angga Aliya GT Cikarut/Foto: Angga Aliya
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana memindahkan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut). Pemindahan GT Cikarut ditargetkan sebelum arus mudik Lebaran 2019.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan tidak ada perubahan tarif terkait pemindahan GT Cikarut. Tarif tetap sama seperti sebelumnya.

"Nggak ada perubahan tarif. Kan sebetulnya yang Cikarang Utama hanya ambil kartu saja. Jari cuma tap saja," kata Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, Set. BPJT Kementerian PUPR Ranto Parlindungan Rajagukguk di kementerian PUPR, Jakarta, Senin (22/4/2019).


Untuk diketahui, dipindahkannya GT Cikarut dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas karena adanya pekerjaan proyek infrastruktur seperti Tol Jakarta-Cikampek layang (elevated).

Pemindahan juga dilakukan karena padatnya transaksi di jam-jam sibuk. Dengan dipindahkan GT maka diharapkan tidak ada lagi kepadatan di titik tersebut saat jam sibuk.


Selain itu, kapasitas transaksi di GT Cikarut saat ini sulit untuk ditingkatkan karena lahan yang terbatas. Padahal titik tersebut melayani kendaraan yang banyak menuju Trans Jawa dan Purbaleunyi.

Relokasi GT Cikarut ke KM 70 mengubah sistem transaksi pada Tol Jakarta-Cikampek menjadi penuh menggunakan transaksi terbuka. Dengan demikian frekuensi kendaraan berhenti di GT untuk melakukan transaksi berkurang. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed