Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 19:54 WIB

Mudik Lewat Tol, Jangan Lupa Isi Saldo Uang Elektronik

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengingatkan para pengguna jalan tol untuk menyiapkan kartu e-payment atau uang elektronik saat mudik Lebaran 2019. Sebab, masalah ini menjadi hal yang paling mendasar terkait kepadatan di gerbang tol.

"Kita titip pesan, supaya para pengguna, pemudik itu menyiapkan kartu e-payment," kata Kepala Bagian Umum, Set. BPJT Mahbullah Nurdin di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (22/4/2019).


Nurdin mengatakan pengguna jalan tol harus menyediakan saldo yang dibutuhkan di jalan tol agar tak terjadi penumpukan di gerbang tol.

"Karena yang selama ini terjadi di gerbang tol itu adalah saldo tidak cukup," katanya.

"Jadi sekarang itu saldo e-payment sudah sampai Rp 2 juta. Dan e-payment bukan hanya untuk tol. Itu juga bisa untuk belanja," sambungnya.


Selain itu, pengguna jalan tol juga diminta untuk tak mengisi saldo e-payment di gerbang tol agar tak terjadi penumpukan. Pengguna jalan tol harus bisa memperkirakan berapa saldo yang dibutuhkan untuk lewat jalan tol saat mudik Lebaran.

"Supaya pengguna jalan tol itu, dia harus pastikan jaraknya. Kalau kurang perlu di-top up dulu. Jangan mengharapkan top up di gerbang tol. Karena yang saya tahu masyarakat lebih senang top up di jalan tol. Itu bikin macet. Itu yang perlu jadi pembelajaran," tuturnya. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com