Tol Trans Jawa Satu Arah saat Mudik, Jasa Marga: Masih Rencana

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 27 Apr 2019 17:16 WIB
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan penerapan arus searah untuk menyambut mudik dan arus balik Lebaran 2019 di Tol Trans Jawa masih dalam rencana.

AVP Corporate Communications Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, penerapan arus searah atau one way tersebut merupakan usulan dari Jasa Marga untuk mengatasi kemacetan di musim mudik Lebaran.

"One way itu sebenarnya salah satu strategi pengaturan lalu lintas saja. Artinya, diberlakukan atau tidak diberlakukan itu tergantung diskresi kepolisian," kata Irra kepada detikFinance, Sabtu (27/4/2019).

Irra menjelaskan, pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) yang nantinya memutuskan apakah menggunakan skema tersebut atau tidak. Jasa Marga, kata Irra, hanya memberi usulan tersebut.

"Itu diusulkan. Artinya kalau memang sementara pihak itu menganggap sesuatu yang penting, dan urgensinya tinggi untuk kepentingan pengguna jalan, itu segera kami umumkan nanti. Tapi itu semua atas diskresi kepolisian," jelasnya.


"Kemarin kan mumpung rakor (rapat koordinasi) di KSP, semuanya kumpul, itu memang kami menjadikan itu salah satu strategi yang dilaksanakan," sambung dia.

Yang pasti, kata Irra, pemberlakuan satu arah di Tol Trans Jawa ini akan dilakukan dengan matang agar masyarakat lebih siap dengan rencana ini.

"One way itu lebih kepada direncanakan, bukan kondisional kaya waktu dulu kan udah nunggu macetnya baru diberlakukan," kata Irra.

"Kami menganggap bahwa lebih baik terencana, lebih baik diumumkan dari awal, sehingga pengguna jalan lebih prepare, punya pilihan, terutama yang tidak ada kepentingannya," tuturnya.



Tonton juga video Menhub Batasi Operasional Mobil Barang Tiga Hari Pra dan Pasca-Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]


Tol Trans Jawa Satu Arah saat Mudik, Jasa Marga: Masih Rencana
(fdl/ara)