Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 28 Apr 2019 21:47 WIB

Rencana Bandara Kertajati Buka Rute Lamanya Lagi

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sudirman Wamad Foto: Sudirman Wamad
Majalengka - Pihak Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati berencana membuka rute lamanya kembali. Sebab, saat ini rute yang beroperasi hanya tinggal satu.

Direktur Umum dan Keuangan BIJB Muhammad Singgih mengatakan pada Lebaran tahun ini pihaknya akan kembali membuka rute yang pernah beroperasi. Hal ini dilakukan guna meningkatkan okupansi penumpang.

Singgih mengaku saat ini pihaknya tengah melakukan perhitungan dan penawaran kepada maskapai untuk kembali membuka rutenya.

"Ya tawarkan ke maskapai dibuka kembali, ke Tanjung Karang, Palemang, Semarang, Jogja. Syukur-syukur kalau ada yang baru lebih baik tapi dengan data kemarin ya purpose," kata dia saat berbincang dengan detikFinance di Bandara Kertajati, Majalengka, baru-baru ini.

Untuk menarik maskapai, Singgih juga memberikan promo-promo seperti gratis biaya pendaratan bagi pesawat, hingga garbarata.

"Promo-promo ada kita siapkan. Kalau untuk upaya menarik airlines kita udah siapkan paket-paket, contohnya free landing charge, free garbarata. Kemudian parkir pesawat 6 jam pertama kita free kan itu mau kita lakukan," ungkapnya.

Sebelumnya, kata Singgih, ada banyak penerbangan yang beroperasi dari Kertajati. Hanya saja, penerbangan tersebut berkurang di setiap waktunya.

"Balikpapan, Medan, Surabaya, Semarang, Jogja, Jakarta, Bandar Lampung, Palembang, Madinah. Kemudian dari Jeddah ke sini jadi seperti itu. Okupansi menurun bahkan ada yang terbang hanya beberap kali saja, bukan menurun tapi sejak awal memang tidak tinggi," tutup dia. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com