Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Mei 2019 14:52 WIB

Bangun 49 Bendungan, Jokowi Masih Mau Tambah Lagi

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Karanganyar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan kembali melanjutkan program pembangunan bendungan ke depan. Dalam kurang dari lima tahun terakhir, setidaknya ada 65 bendungan yang sedang dibangun, di mana 49 di antaranya merupakan bendungan yang benar-benar baru mulai dibangun.

"Jumlahnya kurang lebih sama dan dari pengalaman membangun bendungan sekarang ini, yang sudah ketemu jurusnya sehingga lebih cepat, lebih cepat," katanya saat ditemui di Bendungan Gondang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019).

Meski tak menyebutkan angka pasti berapa jumlah bendungan yang akan dibangun lagi ke depannya, namun dia mengatakan hal ini penting dalam menjaga kedaulatan sumber daya air Indonesia.



"Baik untuk irigasi, baik untuk air baku, baik untuk pembangkit listrik di semua provinsi di negara kita," katanya.

Salah satu contoh kemandirian sumber daya air yang diinginkan seperti Bendungan Gondang yang dibangun di Kabupaten Karanganyar. Bendungan ini akan mengairi 4.680 Ha sawah baik yang di Karanganyar maupun di Sragen. Dan juga untuk kepentingan air baku di wilayah dua kabupaten tadi.

"Sekali lagi yang namanya air itu masih sangat kurang. 49 bendungan baru jadi pun, itu baru 20 persen. Jadi masih jauh sekali," ujarnya.

(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com