Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Mei 2019 19:15 WIB

Menhub Ingin Ada Penambahan Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo

Nabilla Putri - detikFinance
Foto: Nabilla Putri/Detikcom Foto: Nabilla Putri/Detikcom
Surakarta - Setelah mengunjungi Stasiun Kereta Api Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi Surakarta, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertolak ke Bandara Udara Adi Soemarmo.

Bersama rombongan, Budi menyimak pemaparan tentang pembangunan jalur stasiun kereta api bandara oleh Pejabat Pembuat Komitmen Arif Sudiatmoko. Budi juga menyampaikan, pihaknya perlu melakukan riset terkait penambahan stasiun Sragen hingga di Klaten untuk mendongkrak penumpang.

"Saya memperhatikan bahwa efektivitas dari kereta bandara ini harus maksimal, karena kita ingin menjaring sebanyak mungkin penumpang dan membuat kegiatan ini produktif. Nah saya meminta kepada Dirjen untuk meneliti lebih jauh, ini belum dilakukan pengamatan yang detail," ungkap Budi di Bandara Udara Adi Soemarmo, Boyolali, Sabtu (4/5/2019).

"Apakah kita akan membuat Solo Balapan ini ke (bandara) Adi Soemarmo saja atau kita sampai mana," tambahnya.


Berompi dan helm safety, Budi memasuki area pembangunan sekaligus melihat miniatur rencana jalur kereta api yang sedang dibangun. Selain itu, ia juga meninjau tempat pembelian tiket kereta api bandara dan jalur kereta api bandara.

"Kita juga ingin tahu sistem tarifnya seperti apa, kita ingin terintegrasi dan single ticket ya," tutur Budi.

Menhub Ingin Ada Penambahan Stasiun KA Bandara Adi SoemarmoFoto: Nabilla Putri/Detikcom

Selama tinjauan, ia berdiskusi dan memberikan masukan tentang arahan pembangunan yang sedang berjalan bersama Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri. Untuk jalur kereta api bandara ke Stasiun Solo Balapan diperkirakan dapat dioperasikan pada bulan Juli.

"Untuk jalur kereta api bandara Adi Soemarmo target akhir Juni sudah selesai dan Juli ini bisa beroperasi, tadi sudah disampaikan panjangnya 10,13 km. Masalah lahan ada tinggal sedikit yang perlu kita selesaikan dan akan selesai sesuai dengan target tadi," papar Zulfikri.

(idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com