Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 14:35 WIB

Beroperasi Hari Ini, Bandara DIY Buka Rute ke Singapura dan Malaysia

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani - detikFinance Foto: Trio Hamdani - detikFinance
Yogyakarta - Bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) segera membuka rute penerbangan internasional yaitu Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji menjelaskan maskapai yang bakal melayani rute penerbangan tersebut adalah Silk Air untuk rute Singapura-YIA, dan AirAsia rute Kuala Lumpur-YIA.

"Kalau Silk Air itu Singapura, kalau AirAsia Kuala Lumpur," katanya saat ditemui di YIA, Yogyakarta, Senin (6/5/2019).


Prosesnya sendiri memakan waktu sekitar 8 minggu untuk membuka rute internasional. Pasalnya ada yang harus diurus oleh pihak maskapai dari masing-masing negara, sementara pihak pengelola bandara YIA sudah siap.

"Jadi airline asing itu butuh waktu 8 minggu untuk mendapatkan slotnya karena kan walaupun Angkasa Pura I ready, mereka kan juga ada pairing country dan pairing city-nya," paparnya.

"Nah itu lah di mana membutuhkan waktu untuk mendapatkan slot dari arah negara sebelah sana untuk berangkat ke Indonesia terutama ke YIA karena hitungannya YIA ini adalah rute baru buat mereka," lanjut Devi.


Kesiapan maskapai asing untuk membuka rute penerbangan ke YIA, kata dia perlu memerhatikan ketersediaan calon penumpang, pemasarannya, hingga kebutuhan lainnya.

Selain rute internasional, dalam waktu dekat juga akan ada rute yang melayani penerbangan domestik ke beberapa wilayah.

"Nanti rencananya ke depannya akan ada juga dari Batik Air. Mereka akan menerbangkan YIA dengan tujuan PKY atau Palangkaraya, APT Pranoto Samarinda, Denpasar dan satu lagi Cengkareng," tambahnya.


Tonton juga video Pesawat Citilink Mendarat Mulus di Bandara Baru DIY:

[Gambas:Video 20detik]


Beroperasi Hari Ini, Bandara DIY Buka Rute ke Singapura dan Malaysia
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com