Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 15:10 WIB

8 Juta Penumpang Adisutjipto bakal Pindah ke Bandara Baru DIY

Trio Hamdani - detikFinance
Bandara Yogyakarta International Airport/Foto: Trio Hamdani - detikFinance Bandara Yogyakarta International Airport/Foto: Trio Hamdani - detikFinance
Yogyakarta - Bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) diharapkan bakal melayani 8 juta penumpang hingga akhir tahun. Jumlah penumpang tersebut berasal dari Bandara Adisutjipto yang pindah ke YIA.

"Minimum 8 juta per sekarang, akhir tahun ini ya," kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji saat ditemui di YIA, Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Dia menilai saat ini Bandara Adisutjipto sudah sangat penuh. Bahkan jumlah penumpang di sana sudah melebihi kapasitas daya tampungnya. Untuk itu harus ada perpindahan penumpang dari sana ke YIA.


"Karena gini, kapasitas Yogyakarta 1,8 juta tetapi penumpangnya 8,4 juta, berarti kan sudah lebih dari 400 persen, dan itu yang harus bisa pindah ke YIA," jelasnya.

Devi juga menjelaskan, nantinya tambahan jumlah penerbangan atau extra flight di Yogyakarta saat lebaran bakal masuk sepenuhnya ke YIA, bukan Bandara Adisutjipto. Jumlah extra flight diperkirakan sama seperti tahun lalu yaitu sekitar 32 penerbangan.


"Yang jelas semua extra flight lebaran masuknya ke YIA. Jadi nggak masuk ke Adisutjipto," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com